Sustainability Pertanian Komunitas Peduli Papua (KOMPIPA) Bersama Teman-teman KKNT IAIN Sorong

Sustainability Pertanian Komununitas Peduli Papua (KOMPIPA) 
Bersama Teman-teman KKN IAIN Sorong  

Komunitas Peduli Papua (KOMPIPA) melakukan Sustainability (Keberlanjutan) pertanian, bisa di artikan juga Pertanian Berkelanjutan. Seperti tema dalam kegiatan ini, “Sosialisasi dan Pelatihan Pertanian Berkelanjutan Menuju Pertanian yang Ramah Lingkungan dan Lestari”, di Kampung Klasmelek, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (14/10/2023). 
Sosialisasi ini bekerja sama dengan IndonesiaUntukKemanusian dan Asian Community Trust (ACT), Komunitas Peduli Papua (KOMPIPA) sebagai pelaksana kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pertanian Berkelanjutan.  
Komunitas Peduli Papua berkolaborasi dengan teman-teman KKNT IAIN Sorong yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata Terpadu di Kampung Klasmelek, Komunitas Peduli Papaua bersama teman-teman KKNT IAIN Sorong merangkul Kelompok Tani dan warga untuk mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Pertanian Berkelanjutan di Balai Kampung Klasmelek. 
Komunitas Pedulu Papua (KOMPIPA) menerangkan tentang Pertanian Berkelanjutan, pertanian tanpa pupuk kimia dan bukan pertanian yang nomaden atau berpindah-pindah, tetapi pertanian yang ramah lingkungan dan tidak berpindah-pindah, Pertanian Berkelanjutan sendiri memiliki arti permanen yang berarti lahan pertanian yang dapat di tanami kembali tanpa harus membajak lahan. 
Komunitas Peduli Papua menjelaskan penting nya pengolahan tanah dan dampak pengunaan pupuk kimia pada tanah jika digunakan berkepanjangan, menyebabkan tanah rusak dan susah di olah kembali. 
Semoga berdampak besar bagi masyarakat dan dapat mengolah lahan lebih baik lagi agar tanah dapat selalu subur dan dapat di wariskan kepada anak cucu di masa depan. (FAS) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL KOMUNITAS PEDULI PAPUA SORONG

Komunitas peduli papua atau yang sering dikenal sebagai Kompipa melalui Kebun Kompipa dipercayakan The Samdhana Institute menjadi tuan rumah kegiatan Hari Disabilitas Internasional dan hari Noken Sedunia yang dilaksanakan pada Sabtu, 02 Desember 2023.