Komunitas peduli papua atau yang sering dikenal sebagai Kompipa melalui Kebun Kompipa dipercayakan The Samdhana Institute menjadi tuan rumah kegiatan Hari Disabilitas Internasional dan hari Noken Sedunia yang dilaksanakan pada Sabtu, 02 Desember 2023.

Komunitas peduli papua atau yang sering dikenal sebagai Kompipa melalui Kebun Kompipa dipercayakan The Samdhana Institute menjadi tuan rumah kegiatan Hari Disabilitas Internasional dan hari Noken Sedunia yang dilaksanakan pada Sabtu, 02 Desember 2023.

Pilihan kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir dampak limbah dan sampah yang bisa menimbulkan masalah bagi semua pihak ke depannya. Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari aparat Kelurahan Klaru, Distrik Mariat dan Babinsa juga Bhabinkamtibmas Kelurahan Kalaru. Mereka mengapresiasi kegiatan yang di lakukan di Kebun KOMPIPA, membagikan ilmu yang bermanfaat untuk mengurangi dampak dari pencemaran limbah. KOMPIPA sendiri termasuk dalam wadah komunitas Menoken Domberai di wilayah adat Domberai yang terletak di Papua Barat Daya sekitar Sorong hingga Manokwari.
Menoken adalah usaha membangun wadah untuk menghubungkan komunitas, produknya, pengetahuannya, dan solidaritassosialnya. Menoken didasarkan pada filosofi noken, di mana nilai adalah cinta, kasih sayang, solidaritas, kekuatan dalam keluwesan, kegunaan, keterbukaan, dan semangat untuk mempertahankan kehidupan. Kegiatannya selalu bersifat informal, fleksibel, dan rasa persahabatan diprioritaskan, ini tentang berkumpul, berkemah, memasak, makan bersama, bertukar cerita dan ilmu, bernyanyi, menari, menikmati seni budaya bersama, dan membangun semangat dan solidaritas sosial untuk kehidupan yang lebih baik.
Dalam rangka Hari Disabilitas Internasional tgl 3 Desember 2023 dan hari Noken Sedunia tgl 4 Desember 2023 : yang di adakan serentak 
*Sabtu, 2 Desember 2023*
Tema : Memulihkan Tanah dan Air melalui Semangat Noken yang Inklusi.
*Lokasi TANAH PAPUA :*
ANIMHA - SMANSA 1 MeraukeDOMBERAI - Kebun KOMPIPA Sorong
MAMTA - Kampung Dondai Sentani
Kompipa melalui Kebun Kompipa sebagian tuan rumah kegiatan Noken membagikan pembelajaran dan praktek pembuatan kompos untuk teman-teman yang mengikuti kegiatan Hari Disabilitas Internasional dan hari Noken Sedunia. 
Hadir juga dari Aparat setempat,Keluaran Klaru,Distrik Mariat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Klaru. mengapresiasi kegiatan yang di lakukan di Kebun KOMPIPA, karna kegiatan yang bertema "Memulihkan Tanah dan Air melalui Semangat Noken yang Inklusi". Untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional dan hari Noken Sedunia, membagikan ilmu yang bermanfaat untuk mengurangi dampak dari pencemaran limbah yang menjadi masalah bagi semua pihak. 
KOMPIPA membagi pembelajaran Pertanian Berkelanjutan dan praktek pembuatan Kompos dari bahan organik, atau limbah yang ada disekitar rumah seperti limbah sayur, buah-buahan dan sebagainya yang ada di sekitar rumah. 
Tujuan dari kegiatan ini bukan hanya Dalam rangka Hari Disabilitas Internasional tgl 3 Desember 2023 dan hari Noken Sedunia tgl 4 Desember 2023 : yang di adakan serentak di hari Sabtu, 2 Desember 2023 dengan Tema : "Memulihkan Tanah dan Air melalui Semangat Noken yang Inklusi".
Tetapi juga untuk membagi ilmu yang KOMPIPA miliki untuk teman-teman yang hadir dan untuk mengurangi dampak dari limbah yang telah menjadi masalah bagi banyak pihak. FAS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL KOMUNITAS PEDULI PAPUA SORONG